Minggu, 10 September 2017

PSPP

            Bagi beberapa orang yang pernah belajar statistik pasti sangat familier dengan software statistik yang bernama SPSS. Software SPSS adalah software pengolahan dan analisis data yang dibuat oleh IBM. SPSS terkenal sebagai salah satu software komersil berbayar karena kemampuannya yang sangat baik dalam melakukan pengolahan dan analisis data juga kepraktisannya. Apalagi, SPSS memiliki banyak fasilitas tambahan seperti AMOS dan lain sebagainya.  Bisa dibilang SPSS adalah software yang serba bisa. Bahkan SPSS bisa dipakai oleh mereka yang tidak bisa atau tidak mengenal teori statistik.
            Namun, dengan segala kemampuan yang dimiliki oleh SPSS, tentu diikuti oleh harganya yang sangat mahal. Versi terbaru dari SPSS bisa seharga puluhan juta rupiah. Maka dari itu kita harus mencari alternatif SPSS, yaitu dengan mengunakan PSPP. PSPP merupakan software berbasis open-source yang mirip dengan SPSS. PSPP jika didownload pun hanya sekitar 15 MB, bandingkan dengan SPSS versi 18 yang besar file sekitar  308 MB.

            PSPP adalah aplikasi statistika digunakan untuk menganalisa sampel data dan merupakan sebuah AOSA (Aplikasi Open Source Alternatif) untuk menggantikan SPSS. Lebih dari itu, program sumber terbuka PSPP yang menerapkan lisensi GNU/GPLv3 ini tidak membatasi penggunaan fitur dan tidak memaksa mendapatkan versi khusus guna mengakses fungsi advance.
            Seperti pada SPSS, PSPP dapat digunakan untuk pengujian non-parametric, descriptive statistics dan lainnya. Pemrosesan yang dilakukan PSPP diklaim sangat cepat dan tidak tergantung dari volume data yang di-input. PSPP didukung dengan antarmuka grafis, namun dapat juga dijalankan via syntax commands.
            Kecuali itu, penting bagi pengguna yang akan beralih adalah kompatibilitas data dan berkas PSPP maupun syntax-nya adalah kompatibel dengan SPSS dan PSPP mendukung lebih dari satu miliar variable dan kasus. PSPP juga bisa bertukar data dengan aplikasi seperti OpenOffice.org, Gnumeric dan software sumber tebuka lainnya. Seperti pada SPSS, sangat mudah mengimpor data berasal dari sumber lain seperti berkas teks atau berkas spreadsheets. PSPP mampu mengekspor data ke format berkas atau sistem portable termasuk format ASCII. PSPP dapat dijalankan dan mendukung sistem operasi Linux, Windows dan Mac OSX.
            Sebagai format output data dan grafik tersedia pilihan termasuk PDF, HTML dan ASCII. PSPP juga memproduksi histograms dan aneka charts agar bisa diragakan dengan tampilan yang mudah dimengerti. Sejatinya PSPP tampil, disamping sangat sedikit perkecualian adalah serupa dengan SPSS.

Fitur-fitur atau Fasilitas Software PSPP
Fitur-fitur yang disediakan PSPP untuk memudahkan pengguna adalah :
  • Data Editor
Merupakan jendela untuk pengolahan data. Data editor dirancang sedemikian rupa seperti pada aplikasi-aplikasi spreadsheet untuk mendefinisikan, memasukkan, mengedit, dan menampilkan data.
  • Viewer

Viewer mempermudah pemakai untuk melihat hasil pemrosesan, menunjukkan atau menghilangkan bagian-bagian tertentu dari output, serta memudahkan distribusi hasil pengolahan dari PSPP ke aplikasi-aplikasi yang lain.
  • Database Access

Pemakai program ini dapat memperoleh kembali informasi dari sebuah database dengan menggunakan Database Wizard yang disediakannya.
  • Data Transformations

Transformasi data sehingga pemakai dapat melakukan subset data, mengkombinasikan kategori, aggregate, merge, split dan beberapa perintah transpose file serta yang lainnya.
  • Online Help

PSPP menyediakan fasilitas online help yang akan selalu siap membantu pengguna dalam melakukan pekerjaannya. Bantuan yang diberikan dapat berupa petunjuk pengoperasian secara detail, kemudahan pencarian prosedur yang diinginkan sampai pada contoh-contoh kasus dalam pengoperasian program ini.
Langkah Menginstal PSPP pada Windows
Langkah instalasi program PSPP di Windows, yaitu :
  1. Double klik pada set up PSPP.
  2. Pilih bahasa yang akan digunakan.
  3. Klik yes untuk continue proses instalasi
  4. Menyetujui dengan perjanjian lisensi GNU yang merupakan open source, melalui klik I accept the terms of the license agreement.
  5. Tekan Next untuk melanjutkan instalasi.Pilih lokasi di mana Anda bermaksud untuk menginstal PSPP.
  6. Klik Next untuk melanjutkan penginstalan. Installer akan memulai instalasi.Instalasi selesai. Klik finish.

Menu-menu pada Software PSPP
Menu-menu yang ada pada software PSPP antara lain: Menu File, Edit, View, Data, Transform, Analyze, Utilities, Windows, dan Help.
Kelebihan dan Kekurangan Program PSPP
Kelebihan dari program PSPP adalah
  • Hampir semua perintah syntax SPSS bisa dikenali PSPP. Oleh sebab itu user tidak perlu lagi belajar perintah-perintah baru.
  • PSPP dapat digunakan untuk pengujian non-parametric, descriptive statistics dan lainnya.
  • Pemrosesan yang dilakukan PSPP diklaim sangat cepat dan tidak tergantung dari volume data yang di-input.

Kekurangan dari program PSPP adalah
  • tidak adanya menu grafik,
  • analisis yang kurang lengkap seperti tidak adanya korelasi parsial,
  • tidak adanya analisis non parametric untuk uji 2 sampel bebas,
  • tidak ada uji asumsi klasik VIF dan tolerance,
  • tidak ada uji korelasi spearman dan kendall’s dan sebaginya.






0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

Cari Blog Ini

Popular Posts

Eva Blog

Over 600,000+ Readers Get fresh content from Eva

Time