Senin, 18 September 2017

Database, Record, dan Field (Kartu Berobat Rumah Sakit)

Pada kesempatan ini saya akan membahas tentang pengertian Database, Record, dan Field. Untuk mempermudah penjelasannya saya akan memberi contoh sederhana, misalnya menggunakan kartu berobat rumah sakit.


  • Field merupakan kumpulan dari karakter yang membentuk satu arti, maka dari contoh diatas yang dimaksud field adalah Nama, No. RM, dan Tgl Lahir.
  • Record adalah kumpulan dari field yang sangat lengkap, dan biasanya dihitung dalam satuan baris. Dari contoh diatas kartu berobat rumah sakit atas nama Darmini bt Mukri merupakan suatu record, karna dikartu tersebut terdiri dari beberapa field.
  • Database merupakan kumpulan file-file yang berhubungan secara logis dan digunakan secara rutin pada operasi-operasi sistem informasi manajemen. Semua database umumnya berisi elemen-elemen data yang disusun ke dalam file-file yang diorganisasikan berdasarkan sebuah skema atau struktur tertentu, tersimpan di hardware komputer dan dengan software untuk melakukan manipulasi data untuk kegunaan tertentu. Jadi, suatu database adalah menunjukkan suatu kumpulan tabel yang dipakai dalam suatu lingkup perusahaan atau instansi untuk tujuan tertentu. Dari contoh diatas semua record kartu berobat Rumah Sakit Said Sukanto yang dimiliki semua pasien akan membentuk sebuah database rumah sakit. Database rumah sakit ini sangat bermanfaat untuk memenuhi informasi yang berisikan kebutuhan-kebutuhan pemakai atau pengguna basis data terebut, serta mendukung kebutuhan dalam pemerosesan data pasien.
Dari penjelasan diatas kita bisa menyimpulkan bahwa kumpulan field akan membentuk sebuah  record. Dan kunpulan record akan membentuk sebuah database.


0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Followers

Cari Blog Ini

Popular Posts

Eva Blog

Over 600,000+ Readers Get fresh content from Eva

Time